Ketua Ormas Pemuda Pancasila Pameungpeuk Ingatkan Jaga Persatuan dalam Kontestasi Pemilu 2024


Gempur86-Garut-
Ketua Ormas Pemuda Pancasila PAC. Pameungpeuk sekaligus Aktivis Pergerakan/Tokoh Pemuda Garut Selatan Elsa Wiganda, M.Pd.,M.Si.,MCE menyebut, Pemilu 2024 bakal dihadapkan dengan sejumlah tantangan.

Menyikapi wilayah Garut bagian Selatan yang notabene berisi orang orang kritis sekali terhadap Pemerintahan saat ini maka saya sebagai Pemuda / Aktivis Pergerakan Garut Selatan mengajak untuk mensukseskan Pemilu 2024 ini tanpa ekses.

Karena tak cuma pemilu presiden (pilpres), tapi juga pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Menurut Elsa , salah satu bayang-bayang persoalan yang kerap ditemui di setiap pemilihan ialah jual beli suara. Padahal, politik transaksional memicu terjadinya korupsi.

“Perilaku pragmatis untuk menang pemilu menggunakan jalan pintas politik transaksional berupa jual beli suara,” kata Elsa kepada awak media, Senin (12/02/2024).

Hal ini akan sangat menciderai proses pemilu serta menjadi pemicu korupsi politik pejabat yang terpilih saat memangku jabatannya,” tuturnya.

Kedua, potensi penyebaran informasi bohong, baik misinformasi, disinformasi, atau fitnah pemilu lainnya. Jika pemilih memilih capres-cawapres atau anggota legislatif karena terpengaruh informasi bohong, kata Elsa, suaranya menjadi tidak bermakna dan tak sesuai kehendak bebasnya sebagai pemilih.

Oleh karenanya, seluruh pihak, baik pemilih, penyelenggara pemilu, maupun partai politik diingatkan untuk mengawasi jalannya seluruh tahapan Pemilu 2024. Pengawasan bukan hanya dilakukan pada hari pencoblosan, tetapi juga manajemen seluruh tahapan, aktor-aktornya, sampai penegakan hukum.

“Pemilu itu bukan hanya soal mencoblos, tapi juga memastikan seluruh rangkaian prosesnya diselenggarakan dengan benar dan kredibel, sebagaimana aturan main yang demokratis,” tutur Elsa.

Selain itu juga Elsa Wiganda mengatakan yang paling penting adalah menjaga persatuan dan kesatuan antar sesama karena jangan sampai terjadi sebuah pertengkaran apalagi perpecahan antar sesama rekan akibat dari perbedaan dukungan politik.

Mari kita sama sama jaga dan pererat tali persaudaran kita untuk membantu mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia khusus wilayah Garut bagian Selatan.


(Dede Junaedi)