Amburadul, Jalan Menuju Kampus Polman Belum Difungsikan Sudah Rusak


Gempur86, Majalengka - Pemerintah kabupaten Majalengka,telah mengalokasikan anggaran yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Majalengka, pada tahun 2023, sebesar Rp 4 milyar. Untuk membuka akses jalan baru menuju kampus Polman tersebut,       


Namun sangat disayangkan proyek Infrastruktur akses jalan baru menuju kampus Polman senilai Rp.4 Milyar belum juga difungsikan, Kini sudah mengalami rusak, diduga akibat kualitas dan kuantitas pekerjaan yang dilaksanakan tidak sesuai dengan spesifikasi tehnis, akibatnya pembangunan infrastruktur jalan sangat memprihatikan terjadi kerusakan dibeberapa bagian jalan yang sudah mengalami kerusakan. Bahkan di beberapa titik kerusakan tergolong parah, Kondisi pembangun infrastruktur akses jalan baru menuju kampus Polman banyak disorot publik.


Pasalnya kondisi jalan yang belum difungsikan itu, sudah mengalami kerusakan yang cukup parah, umur jalan yang dibangun oleh pemerintah kabupaten dengan menggunakan uang dari APBD Kabupaten Majalengka. 

   

Proyek jalan yang dikerjakan pada pertengahan tahun 2023 sangat disayangkan sekali, mengingat besarnya anggaran biaya yang digelontorkan oleh pemkab Majalengka cukup signifikan sebesar Rp 4 Milyar, Guna membuka akses jalan baru menuju kampus Polman tersebut. 


Sementara itu, mengutip dari laman LPSE Majalengka, tender jalan baru akses menuju kampus Polman dilelang pada bulan Mei 2023. Sumber biaya pembangunan yaitu : dari APBD tahun anggaran 2023, Nilai Pagu paket pekerjaan sebesar Rp. 4.000.000.000,00,. sedangkan dalam nilai HPS paket Rp.3.963.276.953,00,.



Dalam pelaksanaan tender jalan akses Kampus Polman diikuti oleh 40 peserta pihak rekanan (Pemborong).


Pada proses tender dimenangkan oleh PT. Sakti karya Berjaya yang beralamat Jl. Pasir Jati Lama Desa Jatiendah Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung provinsi Jawa Barat.


Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang ( PUTR ) Kabupaten Majalengka, Agus Tamim, saat ditemui awak media, Selasa (06/02/2024)  Mengatakan, sebelum pembangunan dilaksanakan akses jalan baru yang dibuka Pemkab itu, melewati tiga desa diantaranya : Desa Jatisawit, Desa Panyingkiran dan Desa Jati Pamor, "Kata Agus Tamim.


Masih lanjut Agus Tamim, untuk membuka akses jalan baru menuju kampus Polman sebelumnya pihak Pemkab Majalengka, telah membebaskan lahan yang memiliki panjang 1.200 meter dan lebar 200 meter, "Ucap Agus Tamim.


Masih Sambung Agus Tamim, terkait jalan yang mengalami kerusakan di sebagian titik badan jalan yang belum difungsikan sudah mengalami rusak, dirinya menuturkan  karena masih dalam tahap pemeliharaan maka pihak pemborong bertanggung jawab untuk melakukan perbaikan dan sekarang sedang dilaksanakan perbaikan, "Pungkasnya.(Anto)