DPD AWPI Jatim Gelar Diklat Jurnalistik, Kadis Kominfo Sampaikan Apresiasi


Gempur86-Malang-
Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Jawa Timur menggelar Diklat Jurnalistik dasar  menuju Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dengan tema "Tingkatkan Kualitas dan Pengetahuan Jurnalis yang Profesional untuk Informasi yang Mencerdaskan.", di Kampus STIKES Maharani Jl. Akordion Selatan No. 8B, Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru Malang, (10/12/2023). 

Hadir para pemateri Diklat dari kalangan praktisi dan akademisi yang banyak berkecimpung di dunia Jurnalistik, diantaranya Dr. Solehoddin, SH., MH  : "Hukum dan Etika Profesi", Dr. Anas Firman Adi, MH., M.KPd : "Hak Imunitas Wartawan dalam Perspektif Hukum",  M.Ainun Jabir, penguji UKW  Dr , Pemateri "Diklat Dasar" Azhar Arkho, S.AB., MM., C.Me : "Citizen Journalism dan News" Sujianto, SH., MH. Abdul Muntholib, serta diikuti oleh sekitar 60 orang peserta dari 5 DPC, diantaranya Kota Malang, Kab. Malang, Kab. Pasuruan, Surabaya dan Sidoarjo. 

Dalam sambutannya, Sri Agus Mahendra sebagai Ketua Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Dewan Pimpinan Daerah Jawa Timur menjelaskan, kegiatan Diklat Jurnalistik ini dibagi menjadi 2 kelas yakni kelas Diklat dasar dan kelas menuju UKW. 

"Diklat dasar bertujuan meningkatkan kemampuan, kualitas dan kemahiran dalam berkarya, pembekalan ilmu dasar jurnalistik, bagi anggota yang baru bergabung di AWPI menuju UKW,"  jelas Mahendra.

Diklat menuju UKW, tambah Mahendra, merupakan bekal yang sangat penting bagi anggota pada untuk mengikuti UKW. 

Ditempat yang sama, Wakil 2 Ketua Umum AWPI, Agus Lando mengapresiasi kegiatan Diklat jurnalis yang digelar DPD AWPI Jatim.

"Semoga kedepan DPD Jatim secepatnya bisa mengikuti UKW", ujar Agus Londo.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Jatim diwakili oleh Annisa Alief Rahmanian S.Sos, Pranata sebagai Humas Ahli Pertama Bidang Komunikasi Publik dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah mengundang.

"Terima kasih atas undangannya kepada panitia, saya mewakili ibu kepala dinas kominfo provinsi jatim memohon maaf tidak bisa hadir di kegiatan Diklat jurnalistik ini dikarenakan ada agenda yang tidak bisa ditinggal. Seizin beliau, saya menyampaikan senang adanya  kegiatan diklat jurnalistik ini yang dimana kegiatan ini sangatlah penting guna menunjang dan meningkatkan skill, kompetensi serta pengetahuan terkait dunia jurnalistik bagi wartawan", ungkapnya.

Annisa Alief juga mengapresiasi atas dedikasi wartawan dan pengurus DPD AWPI Jatim.

"Saya sangat mengapresiasi rasa semangat dan dedikasi teman- untuk mengikuti pelatihan ini menuju uji kompetensi wartawan," Imbuhnya.

Melalui perjalanan ini, lanjut Annisa, kita akan bersama-sama mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan dan tuntutan dunia jurnalistik yang dinamis. Mari kita fokus pada pengembangan keterampilan, integritas, dan keberanian dalam menyajikan informasi yang akurat dan berimbang. Dan bersama-sama, kita akan menjelajahi aspek-aspek penting dalam dunia jurnalistik, dari penulisan berita hingga etika. 

"Mari kita jadikan pengalaman ini sebagai langkah pertama menuju kemahiran yang lebih baik dalam menyampaikan informasi secara akurat dan beretika. Terakhir, diharapkan bisa terjadi sinergitas antara Kominfo Jawa Timur   dengan DPD Jawa Timur dan kabupaten dan kota di Provinsi Jawa timur." Tutup Annisa.


( Kaperwil Jatim)