Proyek Penataan Alun-alun Surian Diduga Mangkrak


Gempur86-Sumedang-
Proyek rehabilitasi penataan Alun - alun Surian, di Kecamatan Surian, Kabupaten Sumedang, pengerjaannya diduga mangkrak. 

Diketahui, proyek Alun-alun ini dimenangkan oleh CV Prima Duta Priangan dengan nilai kontrak sebesar Rp.509.724.900,00 tahun anggaran 2023.

Sementara itu, terkait pekerjaan yang sampai sekarang molor tersebut jika melihat Surat Perintah Kontrak (SPK) tertanggal 19 Juni 2023 dan waktu pelaksanaan dimulai tanggal 9 Juni 2023 s/d 12 Oktober 2023. Akan tetapi pada pelaksanaan rehabilitasi Alun-alun Kecamatan Surian sampai saat ini belum terselesaikan pekerjaannya. Kalau melihat tanggal waktu pekerjaan sudah habis kontraknya, molornya pekerjaan itu diduga pihak pemborong selaku pemenang tender lalai didalam melaksanakan pekerjaan fisik yang tidak tepat waktu, terindikasi adanya dugaan bahwa pekerjaan itu disubkon kepada orang lain.

Pihak pemborong yang diwakili oleh Oga saat dihubungi sinarpaginews.com melalui sambungan telpon, Jum'at ( 21/10/2023 ). Ia mengatakan terkait pekerjaan penataan alun-alun Surian yang dilaksanakan tidak tepat waktu. Menurutnya, ada kendala lapangan. Ketika ditanya mengenai kendala dalam hal apa, dirinya tidak menjelaskan secara gamblang hanya menjawab ini urusan dapur perusahaan pihak pemborong.

Masih lanjut Oga, ditanya terkait penggunaan bahan material yang diduga tidak sesuai spesifikasi teknis seperti pekerjaan untuk poros beton, pekerjaan untuk joging trek dan pekerjaan pengurugan tanah merah tanahnya yang diduga tidak layak.

"Pekerjaan sudah sesuai dengan spek RAB yang ada", jawabnya.

Ketika disinggung mengenai adanya teguran dari instansi Dinas PUTR yang telah melayangkan surat teguran sebanyak 3 kali, Oga hanya diam tidak mau jawab pertanyaan wartawan.

Ditempat terpisah, Kepala Bidang (Kabid) selaku Pejabat Pembuat Komitmen ( PPK ) Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang ( DPUTR ) Kabupaten Sumedang, Hendra Acin pada waktu ditemui diruang kerjanya, gagal untuk ditemui menurut stafnya bapak lagi keluar.


(Sumber anto)