PPK PUPR Diminta Turun Kelapangan, Proyek SPAM yang Dikerjakan PT. Aulia Berlian Konstruksi Dinilai Tak Mentaati Prosedur


Gempur86-Garut-
Proyek Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum ( SPAM) di Wilayah Karangpawitan, Sucinaraja, Wanaraja, Pangatikan, Kabupaten Garut, diduga tidak transparan.

Dari informasi yang dihimpun, proyek yang dikerjakan oleh PT. Aulia Berlian Konstruksi dengan SPK.000.3.3/01, tidak memasang papan infromasi sehingga tidak ketahui besaran dan sumber anggaran proyek tersebut. 

"Saya kurang tau pasti tapi ada sedikit bocoran bahwa biayanya lebih dari Rp. 9 miliar. Masalahnya karena tidak dipasang papan informasi proyek, jadi masyarakat atau pihak-pihak lainnya enggak mengetahui darimana sumber biayanya, pelaksana kegiatannya, kalender kerja dan sebagainya", ujar sumber.

Sambung sumber, di lokasi proyek juga tidak memasang polis line atau rambu proyek. 

"Kendaraan roda dua ada yang jatuh karena tidak memasang polis line, hanya dipasang di dua titik, di depan direksi kit dan ditikungan kampung Sinangratu Sukawening", ungkapnya.

Selain soal papan informasi, bestek proyek SPAM ini juga patut dipertanyakan. Sebab ada indikasi galian tidak sesuai, seperti galian untuk boring manual biasanya dan rata rata 1,5m tapi kenyatan dilapang kelapangan hanya kedalaman 90 cm. 

Hingga berita ini ditayangkan, pihak PT Aulia Berian Kontruksi saat dihubungi via baypone, tidak dimenjawab dan tim awak media akan segera menghubungi PPK PUPR, Nadia untuk konfirmasi proyek tersebut.

(Red)