Tak Pasang Papan Informasi, Pelaksanaan Sebut Tidak Harus Karena Bukan APBD



Gempur86-Garut-
Proyek pengaspalan jalan di Desa Gunamekar, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, diduga kurang mengedepankan keterbukaan terhadap masyarakat. 

Pantauan awak media, kegiatan pengaspalan yang bersumber dari Dana Desa (DD) itu tidak memasang papan informasi. Ketika awak media melakukan pemantaun ke lokasi tidak ditemukan papan informasi pembangunan sehingga tidak diketahui berapa volume dan besaran biaya yang digunakan. 

Kemudian, awak media mencoba menanyakan perihal papan informasi kepada Sekretaris Desa, Ade Ruswandi/Adong. Tetapi Sekdes tidak memberikan penjelasan, malah konfirmasi kepada Kepala Desa, Evie Eryani. Lalu, kepala desa melalui Sekdes memberikan nomor kontak pelaksana bernama Abu. 

Menurut Abu, proyek dana desa tidak harus memasang papan informasi dengan alasan sudah terpampang dalam APBDes dan bukan proyek yang didanai APBD. 

"Dari dana desa mah udah terpampang di kantor desa ada APBDes, dan tidak ada keharusan. Kalau projeknya dari Pemda yang bersumber APBD baru ada papan pelaksanaan", ujar Abu.


(Rudi)